Language : Bahasa Bahasa English English

Tinggi Plafon atau Atap Rumah yang Ideal

On 2014-11-11, in Info, by SYSTEM

Tinggi plafon rumah idaman Anda tergantung dari beberapa hal. Secara ringkas hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan tinggi, iklim, proporsi ruang/estetika, sirkulasi udara dan pencahayaan. Para arsitek umumnya sepakat bahwa ada kecenderungan perubahan selera para pemilik rumah yang menginginkan plafon rumah lebih tinggi. Kalau kita perhatikan plafon di rumah-rumah standar berkisar 250-260cm. Sedangkan hunian yang modern kisaran 280-300cm. Kecenderungan rumah yang modern menggunakan plafon tinggi, barangkali tidak sekedar selera namun terkait kenyamanan dan estetika desain rumah.

Faktor iklim

Rumah-rumah di daerah beriklim dingin cenderung mempunyai langit-langit rumah yang rendah. Sementara itu, di daerah pesisir atau beriklim panas menggunakan plafon yang tinggi memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Plafon yang tinggi juga memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke semua bagian rumah. Proporsi dan Estetika

Desain arsitektur tak lain berbicara tentang proporsi ruang. Semakin besar ruangan semakin tinggi plafon atau plafon haruslah lebih tinggi. Karena itu bila Anda mempunyai ruang keluarga yang cukup luas, semisal 8x5m tanpa sekat-sekat, Anda dapat membuat plafon sampai 6-7m.

Loteng / void

Bila Anda membangun rumah dua lantai atau lebih, plafon yang tinggi akan menyisakan sebuah ruangan yang biasa kita sebut loteng/void. Yaitu ruang yang dibiarkan kosong di lantai dua sehingga pandangan dapat langsung ke arah plafon lantai 2. Penciptaan plafon yang tinggi, dapat juga mengekspos kemiringan atap. Cara itu dapat menciptakan plafon yang indah sekaligus ruangan akan terasa lebih luas.

Loteng / void dapat juga berarti ruang terbuka tanpa atap di bagian rumah yang hanya mempunyai satu akses yaitu dari depan. Di banyak perumahan, rumah dikelilingi tembok di kiri kanan dan belakang. Bila kondisi ini yang Anda dapatkan, kehadiran void menjadi penting entah di bagian belakang atau samping rumah. Yaitu agar sirkulasi udara dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Tags : plafon
atap
rumah
loteng
void
Clearance PromotionBuy NowRainbow Go GreenSpecial DiscountPromo Decra
Order Now New Website Join Us