Language : Bahasa Bahasa English English

Cara Memperbaiki Plafon Rusak

On 2014-11-15, in Tips, by SYSTEM

Bagaimana cara memperbaiki plafon rusak dengan mudah? Bahan yang umum dipakai sebagai plafon adalah multipleks, asbes, dan plafon gipsum. Kerusakan plafon rumah umumnya disebabkan oleh jamur, rembesan air karena atap rumah yang bocor, kejatuhan benda berat. Jika ada tikus di rumah anda dan kucing bisa masuk ke atap, maka plafon adalah alas dari kejar-kejaran mereka, kan?

Memperbaiki plafon itu sebenarnya lebih berarti mengganti plafon. Jangan bayangkan anda akan mengganti keseluruhan plafon di ruangan rumah. Kita bisa saja cukup mengganti bagian plafon yang rusak.

Memperbaiki plafon dari Multipleks atau asbes / internit

Untuk plafon multipleks atau asbes, Anda cukup mengganti lembaran plafon yang rusak tadi. Ini memungkinkan karena lembaran-lembaran tersebut berdiri sendiri. Cabut saja paku atau sekrup pada tepi-tepi plafon, maka lembaran rusak itu sudah bisa diganti dengan lembaran baru. Kemudian Anda bisa melakukan finishing dengan mengecat ulang pada lembar tersebut agar penampilan plafon seragam dengan bagian plafon yang lain.

Memperbaiki plafon berbahan gypsum

Untuk plafon gypsum Anda bahkan bisa mengganti sebagian kecil saja. Papan gypsum yang terbuat dari material gypsum dilapis sejenis kertas yang sangat kuat, bisa Anda potong dengan mudah. Kertas ini membuat papan gypsum sangat tahan terhadap benturan maupun patahan, tetapi mudah dipotong jika kertas tersebut dipotong dengan benda tajam, misalnya cutter atau gergaji kecil.

Sifat unik tersebut membuat plafon gypsum yang rusak bisa dipotong sebagian kecil saja. Kemudian, lubang tersebut ditambal dengan potongan gypsum lain yang masih bagus. Sambungannya lalu ditutup dengan kompon yang juga berfungsi meratakan permukaan plafon. Setelah kompon diratakan, kemudian bagian tersebut bisa dicat dan tampak mulus kembali. Mudah, bukan?

Tags : plafon
atap
rumah
renovasi
bocor
Clearance PromotionBuy NowRainbow Go GreenSpecial DiscountPromo Decra
Order Now New Website Join Us